Resep Kimchi Pedas Korean Foods

Dreamoia.Com - Sajian Kimchi ini tak hanya populer di negeri asalnya, Korea. Sawi putih hasil fermentasi ini bahkan sudah mendunia, Contohnya saja di Indonesia. Banyak sekali restoran besar yang menjual hidangan sederhana ini sebagai menu andalannya. Selain lezat, ternyata kimchi juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Sebenarnya cukup mudah dalam membuat hidangan pendamping ini, tanpa harus kita pergi ke restoran korea yang harganya lumayan mahal. lebih baik membuat sendiri dirumah dengan resep asli yang sudah saya tulis dibawah ini. Yuk, ikuti cara membuatnya.


Baca Juga: Resep Sashimi 4 Varian (Tuna-Kakap-Udang dan Salmon)

Waktu:70 menit
Hasil: 6 porsi
Tingkat kesulitan: Cukup mudah

Bahan-bahan:
  1. Sawi putih, ukuran besar - 2 buah 
  2. Wortel, potong korek api - 2 buah
  3. Daun bawang, iris panjang - 4 tangkai
  4. Garam - 4 sdt
  5. Wijen putih, untuk taburan - secukupnya
Pasta cabai:
  1. Bawang bombay - 1/2 buah
  2. Bawang putih - 5 siung
  3. Bubuk cabai - 60 gram
  4. Kecap ikan - 4 sdm
  5. Jahe - 3 cm
  6. Tepung beras - 2 sdm
  7. Gula pasir - 2 sdt
  8. Air - 350 ml
Langkah-langkah:
  1. Cuci bersih tiap helai daun sawi, Potong memanjang menjadi beberapa bagian (sesuai selera). Tiriskan.
  2. Siapkan garam, Taburi setiap helai sawi dengan garam, pastikan setiap bagian berlumur garam.
  3. Diamkan sawi kira-kira selama 60 menit dan sesekali bolak balik sekitar 30 menit sekali agar garam meresap merata. Setelah 60 menit, cuci lagi sawi dengan menggunakan air mengalir untuk menghilangkan garam.
  4. Pasta Cabai: Haluskan bawang bombay, bawang putih, jahe. Sisihkan. Didihkan air dan masak dengan tepung beras dan gula hingga menjadi pasta, biarkan dingin sampai pada ukuran suhu ruang. Setelah dingin campurkan bubuk cabai dan kecap ikan, aduk hingga rata.
  5. Campurkan daun bawang dan irisan wortel ke dalam pasta cabai, aduk hingga rata lalu balurkan campuran pasta cabai dan wortel pada lembar-lembar daun sawi.
  6. Beri taburan wijen. Kimchi siap untuk disajikan.
TIPS
  1. Jika anda rasa Kimchi kurang asam, bisa anda simpan didalam wadah kaca tertutup menginginkan kimchi yang asam, kimchi bisa disimpan dalam wadah kaca tertutup seperti toples besar dan wadah sejenisnya selama 2 hari dalam suhu ruang, baru kemudian anda simpan terlebih dahulu ke dalam kulkas.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel