Resep Lele Goreng Kremes Istimewa

Dreamoia.Com - Tekstur renyah, gurih dan kaya akan bumbu selalu berhasil membuat menu makan jadi lebih berbeda. Apalagi jika bumbu kremes ini dikombinasikan dengan lele goreng atau pecel lele yang selalu menjadi favorit banyak khalayak. Pastinya maknyus, cocok, dan menggoyang lidah Anda!

Resep Lele Goreng Kremes Istimewa

Waktu: 55 menit 
Hasil: 5 porsi 
Tingkat kesulitan: Cukup Mudah

Bahan-bahanya:  
  1. Ikan lele segar - 5 ekor
  2. Pereasan air jeruk nipis - 2 sdt
  3. Garam - 1 sdt
  4. Minyak goreng (secukupnya)
Bahan perendam:
  1. Lada bubuk - 1/2 sdt
  2. Garam - 1 sdt
  3. Air - 250 ml 
  4. Bahan bumbu halus:
  5. Ketumbar - 1 1/2 sdt
  6. Bawang putih - 4 suing
  7. Kemiri yang sudah disangrai - 3 butir
  8. Jahe - 3 cm
  9. Kunyit yang sudah dibakar - 3 cm
Bahan kremesan:
  1. Bumbu sisa rendaman - 250 ml
  2. Tepung sagu - 16 gram
  3. Tepung beras - 55 gram
Langkah Memasak:
  1. Buang kotoran dalam perut ikan dan insang, cuci dengan bersih. Balur dan lumuri daging ikan dengan garam air perasan jeruk nipis. Diamkan kira-kira selama 10 menit, kemudian cuci lagi hingga bersih. Sisihkan dan tiriskan.
  2. Sementara dalam wadah, campurkan bumbu halus dan bumbu perendam lalu aduk hingga rata. Kemudian, masukkan ikan lele ke dalam bumbu tersebut dan baluri ke seluruh daging ikan hingga merata. Diamkan lagi kira-kira selama setengah jam (30 menit).
  3. Sementara itu, Panaskan banyak minyak. Sambil menunggu, tiriskan dulu daging ikan lele dan sisihkan bumbu bekas rendaman tadi. Dalam wadah, semua bahan kremesan dicampur kemudian aduk sampai rata hingga tidak ada bumbu yang menggumpal atau bergerindil.
  4. Goreng lima ikan lele tersebut sampai matang dan kering. Setelah dirasa cukup, angkat lalu tiriskan.
  5. Lalu, goreng bumbu kremesan dengan cara dituang secara perlahan sehingga menyebar ke seluruh wajan. Masak sampai kering, ingat jangan sampai gosong cukup hingga berwarna kecoklatan saja. Angkat lalu tiriskan.
  6. Siap untuk disajikan.
TIPS
  1. Cara agar bumbu kremesan bisa berbentuk butiran-butiran yaitu cukup mudah, tuangkan adonan kremesan kira-kira berjarak 30 cm di atas wajan yang berisi minyak panas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel