Resep Nasi Liwet Khas Suku Sunda


Dreamoia.Com - Nasi liwet khas Sunda ini begitu banyak diminati. Selain penyajiannya unik yaitu dengan menggunakan kastrol atos biasa disebut panci khusus liwet. Yang menjadikan sajian ini berbeda dari yang lain. Nasi liwet ini pun tak jarang jadi menu andalan di berbagai Restoran, ini sangat special bukan? meskipun sebenarnya cukup mudah untuk membuat sajian khas Sunda ini di rumah Anda sendiri. Rempah dan bumbu yang familiar seperti serai, daun salam, irisan bawang dan potongan cabe merah membuat masakan ini sangat harum dan menggoda. Cek cara membuat resepnya di bawah yuk?.



Waktu: 50 menit
Hasil: 5 porsi
Tingkat kesulitan: Cukup mudah

Bahan-bahannya:
  1. Beras Putih- 1/2 kg
  2. Air - secukupnya
  3. Teri medan, goreng matang - 60 gram
  4. Pete bakar - 2 papan
  5. Cabe rawit - 5 biji
  6. Cabe Merah Besar - 3 biji
  7. Daun salam - 4 helai
  8. Serai, geprek - 2 batang
  9. Bawang merah, iris tipis - 6 suing
  10. Bawang putih, iris tipis - 4 suing
  11. Garam - 1 sdt
Langkah Memasak:
  1. Cuci dahulu beras hingga benar-benar bersih lalu masukan ke dalam katrol atau panci liwet. Tuangkan air sampai batas sebuku jari telunjuk Anda.
  2. Campurkan daun salam, batang serai, irisan bawang putih, bawang merah dan garam. Lalu aduk hingga tercampur rata.
  3. Taburkan irisan Cabe merah dan cabe rawit di atas nasi.
  4. Kemudian tutup rapat katrol dan biarkan masak nasi dengan menggunakan api kecil hingga airnya menyusut dan nasinya matang.
  5. Sebelum nasinya diangkat, jangan lupa taburkan pete bakar dan goreng ikan teri medan diatasnya. Tutup kembali dan masak lagi nasi liwet selama kira-kira 8 menit. Lalu angkat.
  6. Siap Untuk disajikan.
TIPS
  1. Ketika memasak nasi anda menggunakan api sedang. Nah, ketika air sudah menyusut anda harus menggunakan api yang sangat kecil agar nasi yang berada dibawah tidak berkerak dan gosong
  2. Jika anda tidak mempunyai katrol atau biasa disebut panci liwet, anda bisa menggunakan rice cooker. Caranya yaitu sama seperti anda memasak nasi biasa menggunakan rice cooker bedanya hanya saja nasi liwet menggunakan bumbu dan rempah-rempah. tinggal tekan tombol cook, selesai. anda hanya tinggal menunggu matang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel