Resep Sop Buntut Bakar

Dreamoia.Com - Mungkin sebagian orang sop buntut sudah terdengar biasa. Nah, Bagaimana dengan resep sop buntut bakar? terdengar sangat unik bukan suguhan kreasi mewah ini?. Yaitu buntut sapi yang menggunakan bumbu bakar lalu dipanggang hingga dagingnya matang. Next, buntut yang telah matang dibakar disajikan bersama dengan semangkuk sop bermacam sayuran. Uhh, sangat menggugah selera bukan? Yuk, lihat dibawah ini cara membuatnya.

Resep Lengkap Cara Membuat Sop Buntut Bakar dengan Mudah

Waktu: 120 menit
Hasil: 6 porsi
Tingkat kesulitan: Cukup mudah

Bahan-bahan:
  1. Buntut sapi - 1 kg
  2. Kentang, potong dadu sedang - 3 buah
  3. Tomat, potong serong- 2 buah
  4. Wortel, iris sesuai selera - 4 buah
  5. Seledri, potong tipis - 2 batang
  6. Cengkeh - 4 butir Jahe, geprek - 2 ruas jari
  7. Bawang putih, potong tipis - 3 siung
  8. Daun bawang, iris serong - 2 batang
  9. Jahe, geprek - 2 ruas jari
  10. Lada bubuk - 1/2 sdt
  11. Pala bubuk - 1/2 sdm
  12. Garam - 1 sdt
  13. Gula - 1 sdt
  14. Minyak, untuk menumis - 6 sdm
Bahan Perendam Daging:
  1. Lada bubuk - 1/2 sdt
  2. Bawang merah, haluskan - 5 butir
  3. Bawang putih, haluskan - 4 suing
  4. Kecap manis - 4 sdm
  5. Saus tiram - 3 sdm
  6. Garam - 1/2 sdt
  7. Margarin - 2 sdm
Langkah Memasak:
  1. Masukan buntut sapi kedalam air mendidih, rebus buntut sapi sampai tekstur daging empuk. Angkat lalu tiriskan beberapa saat. Sisihkan air bekas rebusan buntut sapi tadi.
  2. Sementara dalam wadah, masukan seluruh bahan bumbu perendam hingga tercampur rata. Masukkan buntut sapi yang sudah ditirskan ke dalam bumbu perendam. Diamkan kira-kira selama 60 menit. Sisihkan sementara.
  3. Masak kembali air rebusan buntut hingga mendidih. Sisihkan.
  4. Siapkan wajan, lalu panaskan 6 sdm minyak goreng. Masukan bawang putih, Tumis hingga tercium harum, kemudian angkat dan campurkan ke dalam rebusan air tadi. Aduk-aduk hingga rata.
  5. Masukan pala, lada, jahe, cengkeh, garam, dan gula. Aduk hingga rata dan masak sampai mendidih.
  6. Jangan lupa, campurkan tomat, kentang dan wortel yang sudah dipotong tadi. Aduk lagi, masak sayuran tersebut hingga benar-benar matang. Matikan api.
  7. Siapkan buntut yang sudah direndam bumbu tadi. Ambil dan Bakar di atas api kecil atau sedang sehingga daging tidak mudah gosong. bakar menggunakan pemanggang atau langsung terserah saja. jangan lupa olesi bumbu dengan bumbu sisa rendaman tadi yang telah di campur margarin. Bakar buntut merata hingga ke semua sisi. Setelah dirasa cukup matang. Angkat.
Penyajian: 
  1. Letakan buntut bakar dan susun di atas piring saji agak lebar. Tuangkan sop dan sayur isiannya kedalam wadah atau mangkuk terpisah, taburi air sop seledri dan bawang daun  yang telah di iris tadi. Siap untuk dinikmati.
TIPS

  1. Buang air rebusan pertama buntut sapi agar kuah sop yang dihasilkan tidak berasa atau berbau anyir, dan gunakan air hasil rebusan kedua .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel