Resep Nugget Ayam Rumahan (Homemade)

Dreamoia.Com - Sajian bervarian ayam ini sangat di minati si kecil. Dengan berlauk nugget tentu pola makannya menjadi sangat lahap. Selain sangat lezat dan gurih nugget merupakan makanan yang mengandung banyak gizi dan itu cocok untuk si kecil. Apakah Anda ingin membuat stok makanan di freezer tapi lebih sehat, hemat dan tanpa pengawet? Nugget buatan tangan sendiri adalah pilihan yang sangat tepat. Selain murah dan lebih praktis, nugget ini ternyata juga bisa tahan dan awet tidak basi hingga 1 bulan lamanya jika anda simpan dalam suhu (pendingin) freezer yang stabil. Yuk, simak resep dan tips selengkapnya.

Resep Nugget Ayam Rumahan (Homemade)

Waktu: 50 Menit 
Hasil: 10 Porsi 
Tingkat kesulitan: Cukup mudah

Bahan-bahan:
  1. Dada ayam, giling - 300 gram
  2. Tepung sagu - 4 sdm
  3. Tepung terigu - 2 sdm
  4. Bawang putih, haluskan - 3 suing
  5. Bawang bombay, cincang - 1 butir
  6. Wortel sedang, serut halus - 2 buah
  7. Telur, kocok lepas - 2 butir
  8. Kaldu ayam bubuk - 1/2 sdm
  9. Merica - 1/4 sdm
  10. Gula pasir - 1/2 sdt
  11. Garam - 1 sdt
Bahan pelapis:
  1. Telur, kocok lepas - 2 butir
  2. Tepung panir orange - secukupnya
  3. Tepung maizena - secukupnya
Langkah-langkah:
  1. Dalam wadah, campurkan semua bumbu dan bahan. Aduk sampai rata.
  2. Siapkan loyang berukuran sedang, kemudian beri alas plastik tebal yang tahan panas dan jangan lupa olesi sedikit dengan minyak.
  3. Tuangkan semua adonan nugget ke dalam loyang yang sudah disediakan. Masukan kedalam pengukus kira-kira selama 30 menit hingga adonan matang. Angkat dan keluarkan loyang dari pengukus, dinginkan.
  4. Keluarkan nugget yang sudah dingin dari loyang dan potong membentuk persegi, segitiga, love atau sesuai selera anda.
  5. Siapkan bahan pelapis. Masukan nugget ke tepung maizena lalu guling-gulingkan, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung panir sambil sedikit ditekan-tekan agar tepung panir melekat sempurna pada nugget.
  6. Simpan adonan nugget yang sudah jadi tadi ke dalam kulkas selama 20-25 menit agar tepung panir benar-benar menempel pada adonan nugget.
  7. Dalam wajan, panaskan banyak minyak. Goreng nugget hingga matang berwarna cantik kecokla-coklatan. Angkat kemudian tiriskan.
  8. Siap untuk disajikan.
TIPS
  1. Nugget akan lebih nikmat dan lezat jika disajikan dengan sambal atau saus.
  2. Simpan nugget dalam wadah yang kedap udara dan dimasukan kedalam pendingin atau Freezer dan nugget yang sudah dilapisi tepung panir akan bertahan tidak selama kurang lebih 30 hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel